Apa itu Kanker Serviks, Gejala dan Penyebabnya

Apa itu Kanker Serviks, Gejala dan Penyebabnya | Kanker serviks adalah penyakit kanker ganas yang dibentuk dalam jaringan serviks dimana jaringan serviks itu organ yang mengubungkan vagina dengan uterus. Ada banyak jenis kanker serviks dan jenis yang umumnya dikenal squamos cell carcinoma (SCC), dimana 80 sampai 85 persen yaitu dari seluruh jenis kanker serviks. Adapaun faktor penyebab timbulnya kanker serviks yaitu karena adanya Human Papilloma Virus (HPV).
Adapun jenis-jenis kanker serviks misalnya small cell carcinoma, adenosquamous, melanoma, adenosarcoma, adenocarcinoma, dan lymphoma yang merupakan jenis kanker serviks yang sangat langka dimana tidak berhubungan Human Papiloma Virus.
Gejala-Gejala Penyakit Kanker Serviks
Apa saja gejala-gejala penyakit kanker serviks?? Nah, untuk melakukan pencegahan kanker serviks secara maka perlu untuk mengetahui gejala-gejala kanker serviks, jika gejala kanker serviks sudah ditemukan maka segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk bisa diberikan cara untuk mencegah kanker serviks. Berikut beberapa gejala-gejala yang bisa dijadikan petunjuk munculnya kanker serviks.
  • Mengalami sakit punggung
  • Terjadinya pendarahan pada vagina
  • Air kencing yang mengeruh dan merasakan sakit ketika buang air kecil
  • Terjadi konstipasi yang kronis dan kekembungan pada perut meskipun dalam kondisi kosong.
  • Merasakan nyeri ketika mengalami keputihan dan sedang berhubungan seks
  • Membengkaknya salah satu kaki
  • Terjadinya kebocoron feses atau uring dari vagina.

Penyebab Kanker Serviks dan siapa saja yang rentan terserang kanker serviks
Terjangkiti Human Papilloma Virus merupakan salah satu faktor utama mengakibatkan penyakit kanker serviks, adapun penularan virus HPV disebabkan karena melakukan hubungan seks, baik anal maupun oral.
Kemudian siapa saja yang rentan terkena penyakit kanker serviks yaitu para wanita yang melakukan seks lebih dari satu pasangan. Dan bagi wanita yang berhubungan seks tanpa memakai pelindung sebelum 16 tahun maka akan mudah terserang penyakit kanker serviks.
Walaupun banyak vaksin yang sudah dikembang tetapi tetap saja HPV menjadi pembunuh yang paling efektif dari 70 sampai 85 persen yang terserang kanker serviks. kemudian vaksin HPV ini digunakan untuk anak perempuan sampai dewasa dari umur 9 sampai 26 tahun, karena vaksin hanya bisa bekerja sebelum terkena infeksi virus HPV.
Cara mengetahui anda telah terserang penyakit kanker serviks
Secara medis, anda bisa mendeteksi kehadiran kanker serviks menggunakan alat-alat medis yaitu melakukan tes skrining kanker serviks, memerlukan biopsi dari serviks melalui colposcopy, untuk proses diagnosis lanjutan maka meliputi adanya prosedur loop elevtrical excision procedure (LEEP), biposies dan cone bipsies.
Apa itu Kanker Serviks, Gejala dan Penyebabnya
Demikianlah informasi kesehatan tentang Apa itu Kanker Serviks, Gejala dan Penyebabnya. Untuk melakukan pencegahan dari kanker serviks sebaiknya anda mesti melakukan pendeteksian secara dini. Pada tahap stadium 1 kanker serviks masih dapat diberikan pengobatan melalui bedah konservatif untuk perempuan yang masih ingin tetap menjaga kesuburan, dan pada tahap stadium 1 kanker serviks masih dapat dicegah lewat pengangkatan kelenjar getah bening pada sekitar uterus. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply