Penyebab Seseorang Mudah Lupa

Penyebab Seseorang Mudah Lupa | Lupa itu manusiawi, semua orang pernah lupa, lupa dalam berbuat sesuatu atau lupa terhadap yang lainnya. Menjadi pelupa tentunya sesuatu yang akan merugikan bagi diri anda, karena hal tersebut akan menghambat aktivitas anda. Oleh karena itu, kita ingin menghindari lupa, walaupun sebenarnya anugrah lupa yang diberikan oleh Tuhan tentunya ditujukan untuk melupakan sesuatu yang sedih dimana ketika tidak dilupakan maka akan memberikan efek trauma bagi seseorang. Nah, untuk anda yang ingin terhindar dari lupa maka berikut beberapa penjelasan tentang penyebab seseorang mudah lupa:

Penyebab Seseorang Mudah Lupa

1. Tekanan darah yang tinggi.
Seseorang yang memiliki tekanan darah yang tinggi dapat mengalami pengurangan ingatan secara signifikan sepanjang waktu. Berdasar dari penelitian di Amerika yang telah mensurvei lebih dari 30 ribu partisipan dalam jangka waktu 4 tahun, karena tekanan darah dapat mengubah struktur pembuluh darah menjadi tebal dan aliran darah sulit dialirkan keseluruh tubuh. Ketika terus menerus terjadi tekanan darah tinggi maka otak kemungkinan mengalami penurunan daya ingat atau mudah lupa.
2. Kondisi Menopause
Meskipun masih belum didapatkan bukti yang kuat untuk menjelaskan mengapa kondisi menopause dapat menjadi penyebab menurunnya daya ingat, akan tetapi sedikit banyak wanita telah mengaku merasa kacau ketika memasuki menopause. Hal ini diperkuat lewat penelitian yang dilakukan oleh peneliti berasal dari Universitas Illinois dimana menemukan keterkaitan antara rendahnya ingatan dengan menopause.
3. Kehamilan
Dalam sebuah penelitian oleh universitas new south wales menemukan bahwa wanita yang hamil akan cenderung mengalami lupa atau gangguan ingatan sementara. Hal ini dipercayai bahwa yang menjadi penyebab turunnya daya ingat yaitu terjadinya perubahan hormon pada tubuh.
4. Gangguan Tiroid
Kelenjar tiroid yang tidak menghasilkan hormon tiroid maka seseorang tersebut dapat mengalami gangguan hipotirodisme dimana horman tiroid dapat melambatkan metabolisme sehingga tubuh mudah lelah yang akhirnya berimbas kepada daya ingat seseorang.
5. Kekurangna Vitamin B12.
Vitamin B12 sangat berperan besar bagi fungsi saraf dimana kurangnya konsumsi vitamin B12 dapat menurunkan kemampuan berfikir, dimana diawali dari kepikunan hingga turunnya daya ingat. Para ahli menegaskan bahwa vitamin B12 dapat menjaga selubung myelin agar transmisi pesan tetap dilakukan dalam otak.
6. Kemoterapi
Dalams sebuah penelitian oleh Universitas Standford di Amerika yang telah menunjukkan bahwa kemoterapi dapat mengganggu beberapa bagian otak yang dirasa sangat penting dalam mengingatnya dan merencanakannya. Ketika kemoterapi, maka sebaiknya kemoterapi diwaspadai, jangan sampai menerima efek dimana gangguan ingatan dan mengalami kebingungan.
7. Alkohol
Alkohol memiliki efek buruk yang memiliki otak dimana disebut hippocampus yaitu bagian-bagian otak yang berkaitan dengan perekaman dan penyimpanan memori sehingga orang mabuk selalu tidak mengingat tentang kejadian-kejadian yang sebelumnya.
8. Perjalanan Jarak Jauh.
Dengan melakukan penerbangan lebih dari 4 jam maka ternyata dapat memengaruhi ingatan seseorang, selain itu adanya pengaruh kepala yang telah terkena benturan dan dapat memengaruhi ingatan dalam jangka pendek.
Penyebab Seseorang Mudah Lupa
Demikianlah infomasi kesehatan tentang Penyebab Seseorang Mudah Lupa. Semoga bermanfaat

Leave a Reply