Kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan

Kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan | Adanya Gangguan terhadap sistem pencernaan disebabkan karena beberapa hal, misalnya ada sesuatu yang masuk ke area sistem pencernaan (berupa racun dan mikroorganisme yang menjadi penyebab penyakit pencernaan),kemudian itu juga bisa disebabkan karena kelainan pada sistem organ pencernaan, atau karena adanya kebiasaan pola makan yang kurang sehat. Berikut ada beberapa gangguan dan penyakit yang menyerang sistem pencernaan manusia  antara lain sebagai berikut.

Kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan

Kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan

1. Gastritis
Gastritis merupakan radang di lapisan mukosa (lendir) pada dinding lambung. Penyebab penyakit gastritis yaitu mengonsumsi makanan yang kotor dan terjadi kelebihan asam lambung. Penyakit gastritis bisa dihindari dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bersih. Penyakit Gastritis bisa dicegah dengan menghindari mengonsumsi makanan yang dapat merangsang lambung, seperti minuman-minuman keras, rempah-rempah, dan obat-obatan tertentu; mengonsumsi makanan yang lunak dan mengonsumsi banyak vitamin. Penyakit Gastrits yang sudah parah mesti dirawat di bawah pengawasan dokter.
2. Diare
Penyakit Diare disebabkan oleh adanya airitasi pada area selaput lendir usus besar karena bakteri, pola diet yang buruk, adanya zat-zat beracun, muncul rasa gelisah, dan ransangan dari makanan tertentu yang dikonsumsi. Penyakit diare dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang bersih serta membiasakan diri melakukan pola makan dan pola hidup yang sehat. Penyakit Diare dapat dicegah dengan mengonsumsi obat antidiare, minum oralit, dan meminum banyak air agar tidak terjadi dehidrasi.
3. Disentri
Penyakit Disentri disebabkan karena Mycobacterium dysentriae atau Amoeba histolytica yang telah masuk bersama makanan atau minuman yang sudah tercemar. Penyakit disentri dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang bersih. Penderita disentri mesti dirawat di bawah pengawasan dokter.
4. Konstipasi (sembelit)
Penyakit Konstipasi berupa kesulitan buang air besar sebab feses terlalu keras, hal ini disebabkan adanya penyerapan air secara berlebihan di usus besar. Sembelit bisa terjadi karena faktor kebiasaan menahan buang air besar karena kesibukan yang padat, adanya kekurangan serat makanan atau emosi (gelisah, takut, cemas, dan stres). Penyakit  sembelit bisa dicegah dengan membiasakan buang air besar dengan teratur dan dibantu dengan mengonsumsi serat makanan.
5. Apendiksitis
Penyakit Apendiksitis merupakan radang yang terjadi pada apendiks (umbai cacing). Penyakit apendiksitis mesti ditangani oleh dokter dan biasanya mesti dioperasi.
6. Keracunan makanan.
Pada umumnya keracunan makanan terjadi karena oleh bakteri yang ada di dalam makanan. Bakteri tersebut mengeluarkan racun yang telah membahayakan tubuh. Gejala-gejala keracunan makanan berupa mual, sering muntah-muntah, nyeri rongga dada, diare dan perut, demam serta sakit kepala. Bakteri beracun semisal salmonella, Staphylococcus, dan Clostridium botulinum. Keracunan makanan ini dapat diatasi dengan tidak membiasakan mengonsumsi makanan mentah dan makanan yang sudah skadaluarsa; selalu mencuci bersih buah-buahan dan sayur-sayuran yang dikonsumsi secara mentah; menggunakan peralatan makan dan memasak secara bersih; memasak bahan makanan dengan sempurna; dan menutup makanan agar terhindar dari lalt dan debu yang mengandung kuman penyakit.
Demikianlah informasi mengenai Kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan | Semoga artikel tentang Kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply