Jenis Makanan yang Mencegah Gigi Berlubang

Jenis Makanan yang Mencegah Gigi Berlubang | Gigi berlubang merupakan salah satu permasalahan pada gigi yang paling banyak dijumpai. Banyak yang telah mengalami gigi berlubang, dari anak-anak sampai orang dewasa. Gigi berlubang disebabkan oleh adanya bakteri yang ada dimulut dan makanan yang manis dapat menjadi penyebab gigi berlubang. Oleh karena itu, agar terhindar dari gigi berlubang maka sebaiknya anda segera melakukan perawatan pada gigi anda di dokter gigi, atau melakukan tindakan pencegahan terhadap gigi berlubang dengan cara menghindari makanan-makanan yang membuat gigi anda berlubang. Sehingga kita mesti jeli memilih jenis makanan yang dapat mencegah gigi berlubang, yaitu sebagai berikut:

Jenis Makanan yang Mencegah Gigi Berlubang

1. Buah yang tidak manis
Jika anda terlalu keseringan memakan buah yang manis semisal anggur maka dapat menyebabkan terjadinya gigi berlubang oleh karena itu sebaiknya anda memilih buah-buahan yang memiliki kandungan kaya serat dan gula yang rendah seperti timun.
2. Sayuran berserat tinggi.
Sebaiknya anda mengonsumsi sayur-sayuran yang memiliki kandungan yang berserat tinggi seperti wortel, wortel dapat mencegah gigi berlubang. 
3. Biji-bijian
Mengonsumsi biji-bijian yang belum dihaluskan atau digiling semisal beras pecah dapat melawan gigi berlubang.
4. Kismis
Untuk melakukan tindakan pencegahan gigi berlubang dimana dapat mengontrol bakteri yang ada dimulut maka sebaiknya anda memperbanyak mengonsumsi kismis. Karena kismis dapat mencegah gigi berlubang sebab mengandung polifenol dan flavonoid.
5. Makanan Laut.
Jenis makanan laut yang dapat memperkuat gigi anda yaitu tiram atau udang. Karena kedua jenis makanan itu memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi.
6. Permen karet bebas gula.
Sebagian orang meyakini bahwa permen karet dapat berbahaya untuk kesehatan gigi, padahal dengan mengunyah permen karet ternyata bisa menghasilkan asam berfungsi melindungi gigi, oleh sebab itu, sebaiknya anda memilih permen karet yang bebas gula.
7. Daun Mint
Mint merupakan disinfektan alami. Dengan mengunyah daun mint bisa melindungi gigi dan memperkuat gigi sehingga dapat menghindari terjadinya gigi berlubang.
Jenis Makanan yang Mencegah Gigi Berlubang
Demikianlah informasi kesehatan tentang Jenis Makanan yang Mencegah Gigi Berlubang | Jenis makanan yang telah disebutkan diatas, semoga dapat menjadi pedoman dalam menjaga gigi tetap kuat dan sehat, sehingga kita dapat mencegah gigi berlubang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply