Kelebihan Air Susu Ibu dibanding Susu Lain

Kelebihan Air Susu Ibu dibanding Susu Lain | Pernahkah kamu melihat seorang bayi menyusu ibunya? Bayi memerlukan susu karena belum mempunyai kemampuan mencerna makanan. Alat-alat pencernaannya belum sempurna. Kebutuhan makanan bayi disediakan oleh ibunya dalam bentuk ASI (air susu ibu). ASI merupakan makanan yang sangat ideal bagi bayi, terutama bayi di bawah umur enam bulan. Asi yang dihasilkan selama tiga hari pertam berbeda dengan ASI yang dihasilkan pada hari-hari berikutnya. ASI pada tiga hari pertama berwarna kekuning-kuningan dan disebut kolostrum. Kolostrum sangat bermanfaat bagi bayi karena mengandung protein dan berbagai zat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi terhadap serangan berbagai penyakit, misalnya infeksi saluran pernapasan dan pencernaan, pada awal pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karena itu, kolostrum tidak boleh dibuang. Setiap bayi sebaiknya diberi ASI sedini mungkin agar banyak mendapat kolostrum. Pemberian ASI sudah dapat diberikan 6 jam setelah bayi lahir, yaitu setelah bayi dan ibunya cukup beristirahat. Adapun kelebihan ASI dibandingkan dengan susu lain yang dibuat dari susu sapi antara lain sebagai berikut:

Kelebihan Air Susu Ibu dibanding Susu Lain

a. ASI mengandung semua zat makanan yang penting bagi pemenuhan kebutuhan energi dan pertumbuhan bayi.
b. Kandungan makanan dalam ASI sesuai dengan kebutuhan bayi sehingga mudah dicerna dan tidak membebani saluran pencernaan dan ginjalnya.
c. ASI mengandung berbagai zat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.
d. Suhu ASI ideal (tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin)
e. Selalu tersedia dalam bentuk segar dan terbebas dari kuman (berbeda dengan susu lain yang mengalami berbagai proses dalam pembuatannya sehingga memungkinkan terjadinya pencemaran kuman).
f. Bayi yang diberi ASI jarang terserang alergi dibandingkan dengan bayi yang diberi susu sapi karena ASI tidak mengandung beta laktoglobulin yang dapat menyebabkan alergi terhadap protein utuh.
g. ASI mengandung laktoferin yang mengikat zat besi dan menghantarkannya ke dinding usus untuk diserap sehingga zat besi yang dimakan bayi tidak direbut bakteri pengikat besi yang hidup dalam usus bayi.
h. Secara psikologis proses menyusui mempererat hubungan batin dan emosi antara ibu dan bayi. Hubungan emosi yang dekat ini sangat penting dalam perkembangan jiwa bayi.
Karena sesuatu sebab, kadang-kadang ASI seorang ibu tidak keluar sama sekali. Seorang ibu yang menderita sakit berat, misalnya radang ginjal dan kelainan jantung berat tidak dianjurkan menyususi karena dapat memperberat sakitnya. Bagaimana untuk mengatasi hal ini? sekarang sudah ada berbagai produk pengganti yang dibuat dari susu sapi. Susu pengganti ini sudah dilengkapi dengan berbagai zat makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Walaupun tidak sebaik ASI, susu pengganti ini juga baik. Yang perlu dilakukan dalam pemberian susu botol adalah kontak langsung antara ibu dan bayi harus tetap terjadi sehingga kebutuhan emosi bayi juga terpenuhi.
Kelebihan Air Susu Ibu dibanding Susu Lain
Demikianlah informasi tentang Kelebihan Air Susu Ibu dibanding Susu Lain | Semoga artikel tentang Kelebihan Air SUsu Ibu dibanding Susu lain dapat bermanfaat.

Leave a Reply