10 Tanda di Kaki untuk Mengetahui Penyakit

10 Tanda di Kaki untuk Mengetahui Penyakit | Walaupun kaki jauh dari jantung dan jarang terjadi gangguan kesehatan, akan tetapi sebaiknya jangan menganggap enteng kaki kita. Seorang Podiatrist / ahli penyakit kaki yaitu Paul Brezinski mengatakan bahwa jika sewaktu-waktu terdapat gangguan di kaki maka itu bisa saja memengaruhi kesehatan anda secara menyeluruh. Paul menerangkan bahwa kedua kaki kita memiliki 50 tulang. Tulang-tulang tersebut disusun lebih dari 200 otot, tendon, 60 persendian dan ligamin yang dapat membuat kaki anda bisa digerakkan. Kemudian jika anda merasakan sesuatu yang aneh dan mengalami kondisi yang tidak biasa pada kaki maka sebaiknya anda waspada karena kemungkinan akan ada penyakit yang akan menyerang anda. Berikut 10 Tanda di Kaki untuk Mengetahui Penyakit.

10 Tanda di Kaki untuk Mengetahui Penyakit

1. Terasa dingin pada kaki
Jika anda merasakan dingin pada kaki, maka ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebabnya, salah satunya aliran darah yang kurang bagus ke kaki. Terjadinya ketidaklancaran pada kaki, biasanya berhubungan dengan penyakit tekanan darah tinggi dan penyakit jantung atau terjadi saraf yang mengalami kerusakan karena penyakit diabetes yang tidak terkontrol.
2. Adanya perubahan warna jari-jari kaki menjadi putih-biru-merah.
Adanya perubahan warna pada jari kaki kemungkinan terserang penyakit Raynaud, dimana jari kaki akan berubah menjadi putih ke biru sampai memerah yang akhirnya kembali kewarna alami. Hal ini disebabkan karena adanya penyempitan pada arteri yang disebut Vasospasms. Penyebab penyakit terjadi karena stress dan suhu yang berubah-ubah serta mengalami gangguan tiroid.
3 Kaki yang diseret ketika berjalan.
Keadaan menyeret kaki ketka berjalan disebabkan adanya kerusakan saraf periferal dimana terdapat sekitar 30 persen kasus yang diketahui terkena serangan penyakit diabetes. Ditambah lagi, terjadinya kerusakan pada saraf periferal dapat disebabkan karena konsumsi alkohol, infeksi dan defisiensi vitamin.
4. Jari kaki yang melengkung
Kondisi jari kaki yang melengkung biasanya menunjukkan adanya gangguan pencernaan, penyakit jantung, gangguan paru-paru dan hati.
5. Kaki membengkak
Tentunya kaki membentak terjadi salah satunya habis kecelakaan, posisi berdiri yang lama, atau ibu yang sedang hamil, hanya saja jika terjadi dalam jangka waktu yang lama maka kemungkinan terjadi sesuatu dimana ada aliran darah yang tidak lancar, gangguan ginja, penyumbatan darah, dan gangguan sistem limpatik.
6. Kaki terasa dibakar
Keadaan kaki terasa dibakar terjadi pada penderita penyakit diabetes dan mengalami kerusakan saraf periferal, hal ini disebabkan karena kekurangan vitamin B, penyakit ginjal kronis, sirkulasi darah pada kaki yang bususk dan hypothyroidsm.
7. Ibu jari kaki terasa nyeri.
Keadaan ibu jari kaki terasa nyeri kemungkinan disebabkan karena osteoarthritis dan encok. Saat terjadi nyeri pada ibu jari, biasanya berbarengan dengan kulit yang membengkak dan memerah.
8. Kaki terasa nyeri menusuk.
Kaki terasa nyeri menusuk kemungkinan karena kelelahan sehingga membuat otot kaki menjadi tegang atau karena kram. Ditambah lagi karena dehidrasi, aliran darah yang tidak bagus, kekurangan kalium, vitamin D, kalsium dan magnesium serta terjadi perubahan hormon saat kehamilan.
9. Kuku kaki berwarna putih.
Kondisi kuku kaki berwarna putih bisa menjadi pertanda bahwa ada gangguan kesehatan seperti diabetes, gagal jantung dan penyakit hati.
10. Kuku kaki menguning.
Kuku kaki yang menguning kemungkinan terjadi karena infeksi jamur dan dapat menjadi tanda munculnya lymphedema dan penyakit paru-paru.
10 Tanda di Kaki untuk Mengetahui Penyakit
Demikianlah informasi kesehatan tentang 10 Tanda di Kaki untuk Mengetahui Penyakit. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply