Mari Menggali Sejarah Peradaban Yunani Kuno

Sejarah peradaban Yunani kuno dimulai di tanah Yunani yang terletak di bagian selatan semenanjung Balkan. Wilayah itu merupakan kumpulan pulau-pulau sekitar Laut Ionia, Laut Tengah, dan Laut Aegea. Wilayah pantai selatan beriklim panas dan sejuk di musim dingin. Wilayah utara terdiri dan gunung-gunung Yunani beriklim dingin dan bersalju bila musim dingin. Sebagian besar tanah Yunani kurang mendapat curah hujan sehingga tanahnya tidak begitu baik untuk pertanian. Suatu kebudayaan yang tinggi berkembang di daerah Kreta sekitar tahun 2000-1400 SM. Bangsa Kreta menguasai perdagangan di Laut Tengah dan daerah-daerah lainnya. Bangsa Yunani pertama datang menyerbu sekitar tahun 2000 SM. Bangsa Yunani yang pertama dan ras Indo-Jerman. Mereka datang dan daerah sebelah utara. Percampuran bangsa itu dengan penduduk asli menghasilkan sebuah kebudayaan baru yang dikenal sebagai kebudayaan Mycenae. Setelah itu, datang bangsa-bangsa lonia, Aedia, dan Doria. Sebelum bersatu menjadi bangsa Yunani, mereka masing-masing mendirikan suatu pemerintahan kota (polis) yang dikelilingi tembok pertahanan. Dua di antaranya yang menonjol, yaitu Sparta dan Athena. Kedua pola pemerintahan itu kemudian diikuti pemerintahan-pernerintahan pada waktu sekarang. Tata pemerintahan Sparta dipelopori oheh Lycurgus (900 SM). Sifat pemerintahannya aristokratis militer. Dalam pemerintahan Sparta, golongan bangsawan yang memegang peranan, sedangkan pemerintahan Athena digariskan oleh Solon (600 SM). Di Athena kekuasaan pernerintahan ada di tangan rakyat. Bangsa Yunani memiliki peradaban yang tinggi dan sangat luas dan mencakup banyak bidang itu, kemudian diwarisi dan dikembangkan oleh bangsa Barat. Di bidang kepercayaan. orang Yunani menyembah dewa-dewa yang digambarkan sebagal manusia biasa, tetapi lebih sempurna, misalnya dewa Zeus dan Apollo.
sejarah yunani
Bangsa Yunani juga terkenal sebagai ahli sastra. Buku-buku yang terkenal dan zaman itu, antara lain cerita kepahlawanan Illiad dan Odysseus karya Homerus (8 SM). Tokoh filsafatnya antara lain Socrates, Plato, dan Aristoteles. Adapun ahli sejarah bangsa Yunani antara lain Herodotus (484-425 SM) dan Thucydides (460-393SM). Dalam bidang ilmu pasti tokoh yang terkenal adalah Pythagoras (750-500 SM) dan Archimedes (287-212 SM). Kepercayaan bangsa Yunani melahirkan banyak bangunan untuk memuja para dewa. Banyak bangunan-bangunan pemujaan didirikan di daerah koloninya seperti di Italia Selatan (kuil Harakies dan Zeus) dan di Milete (kuil Apollo). Semua bangunan itu dibangun dengan gaya bangunan Ionia. Di Yunani bangunan-bangunan di daerah Korinthe, Delfi, dan Aigina bergaya bangunan Doria. Bangunan lain yang terkenal ialah kuil Zeus di bukit Olympus dan Acropolis di kota Athena. Bangsa Yunani baru terbentuk pada tahun 1000-750 SM. Yunani terlibat dalam peperangan melawan Persia Sekitar tahun 500 SM. Raja yang berkuasa di Persia Pada waktu itu, adalah Darius Agung. Perang itu terjadi karena Yunani membantu orang-orang Yunani yang ada di Asia Barat yang sedang melawan kekuasaan Raja Darius. Perang itu terjadi beberapa kali. Pada Perang Yunani-Persia I tahun 492 SM, tentara Persia dilanda angin topan ketika menyeberangi Selat Dardanella. Perang Yunani-Persia II terjadi dua tahun kemudian. 
Pasukan Persia mendarat di Attica (490 SM). Tentara Athena di bawah pimpinan Miltiades berhasil mengalahkan tentara Persia di Marathon. Berita kemenangan disampaikan oleh salah seorang prajurit Athena dengan berlari dan Marathon hingga ke Athena sejauh 42 kilometer lebih. Prajurit itu meninggal setelah ia berhasil memberitakan tentang kemenangan itu. Kejadian itulah yang mengilhami lari jarak jauh (Marathon) yang kita kenal sekarang. Perang Yunani-Persia III dipimpin oleh Xerxes, anak Darius (480 SM). Tentara Persia berangkat dari Sardes, setelah menyeberangi Selat Dardanella, mereka menyerang Yunani dari Utara. Raja Yunani Leonidas untuk sementara berhasil menahan tentara Persia di Pegunungan Thermopylae. Setelah raja Leonidas gugur, tentara Sparta dapat dikalahkan oleh Persia. Akibatnya, daerah Athena dan Yunani Tengah dikuasai Persia. Bangsa Yunani di bawah pimpinan Themistocles mengalahkan armada Persia di Salamis. Ia juga menyerang tentara Persia yang ada di Yunani Tengah. Tentara Persia dapat dikalahkan di Plataeae (479 SM).
Peperangan melawan Persia menyebabkan bangsa Yunani bersatu dalam melawan musuh. Mereka sadar bahwa armada laut sangat diperlukan untuk pertahanan negerinya. Kemudian, dibentuklah persekutuan yang bermarkas di Delos (454 SM). Pimpinan dipegang oleh orang-orang Athena. Akibatnya, orang Sparta tidak senang. Mereka kemudian mendirikan persekutuan lain dengan nama Liga Peloponnesos (431 SM). Perbedaan pendapat antara kedua bangsa itu menyebabkan mereka terlibat dalam peperangan di Peloponnesos pada tahun 43-404 SM. Dalam peperangan itu Athena dapat dikalahkan dan Sparta menguasai Yunani. Akibat perang Peloponnesos. Yunani mengalami kemunduran. Kemudian, dalam perang di Charonea, Yunani dapat dikalahkan oleh bangsa Macedonia di bawah pimpinan Raja Philippus. Dengan kekalahan itu, Yunani berada di bawah kekuasaan Iskandar Agung pengganti Raja Philipus.
Sekian uraian tentang Uraian Sejarah Peradaban Yunani Kuno, bacalah !. Baca juga artikel sejarah dunia lainnya tentang Sejarah Mesir Kuno, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply