Penyebab Penipisan Lapisan Ozon

(Zakapedia). Penyebab penipisan lapisan ozon adalah meningkatnya aktifitas manusia. Penipisan lapisan Ozon adalah jenis kerusakan ozon yang dihadapi atmosfer Bumi saat ini. Ozon adalah gas yang membentuk lapisan di  sekitar atmosfer Bumi dan terletak kira-kira 10-50 Km di atas permukaan Bumi. Konsentrasi lapisan ozon terdapat di bagian atas stratosfer. Lapisan ozon ini berfungsi untuk menyerap radiasi ultraviolet dari Matahari yang berbahaya bagi kehidupan di Bumi. Radiasi ultraviolet inilah yang dapat merusak kulit dan dapat menyebabkan kanker (cancer).
Warna biru menandakan kerusakan lapisan Ozon
Molekul lapisan ozon terdiri atas tiga atom oksigen, O3 yang mudah terurai menjadi O2 ditambah atom O yang sangat reaktif. Ozon pekat berwarna biru pucat, mencair pada suhu -111,9 derajat celcius dan membeku pada suhu -193 derat celcius. Lapisan ozon pada bagian bawah atmosfer Bumi justru merugikan karena bereaksi dengan hidrokarbon sisa yang keluar dari knalpot kendaraan dan membentuk asap kabut. Ozon ini terbentuk dari oksigen dengan melibatkan oksida nitrogen. Pembentukan asap kabut itu juga melibatkan cahaya matahari.
Penyebab penipisan lapisan ozon yang paling umum adalah klorofluorokarbon (CFC), yaitu sejenis zat kimia yang banyak dipakai oleh manusia dalam kaleng aerosol, sebagai pendingin (refrigeran) pada lemari es, pelarut, dan gas dorong (Propelan). CFC sangat tidak reaktif, tidak larut dalam air, dan tetap dalam bentuk gas dan berada dalam atmosfer. CFC terus terkumpul dalam jumlah yang semakin besar dan melayang ke atas sampai ke stratosfer. Oleh sinar ultraviolet, CFC diuraikan dan menghasilkan atom klor, yang selanjutnya bereaksi dengan ozon dan melepaskan atom oksigennya yang labil. Satu atom klor dapat menyebabkan hancurnya ribuan molekul ozon, dan selanjutnya menjadi penyebab penipisan lapisan ozon.
Sekian uraian tentang Penyebab Penipisan Lapisan Ozon, semoga bermanfaat.

Leave a Reply