Fungsi Rangka Tubuh bagi Manusia

(Zakapedia). Sebagaimana lazim yang kita ketahui, bahwa bentuk tubuh kita sangat ditentukan oleh susunan rangka dalam tubuh kita. Rangka pada manusia selain berfungsi untuk memberi bentuk tubuh, juga memiliki fungsi yang lain. Fungsi rangka tubuh bagi manusia adalah sebagai berikut:
Rangka Tubuh Manusia
1. Melindungi alat-alat tubuh yang penting

Rangka dapat melindungi organ-organ penting dari tubuh kita. Tengkorak melindungi otak. Tulang rusuk dan tulang dada melindungi jantung dan paru-paru. Tulang belakang melindungi sumsum tulang belakang dan saraf.

2. Tempat perlekatan otot

Tubuh manusia dapat bergerak karena adanya pergerakan otot atau adanya kontraksi otot yang menggerakkan tulang. Tulang dapat digerakkan oleh otot karena otot melekat pada tulang. Terjadinya gerak merupakan kerjasama antara otot dengan tulang.

3. Tempat penyimpanan mineral

Tulang menjadi tempat penyimpanan mineral, terutama kalsium (zat kapur) dan tostor. Dleh karena itu, tulang sangat keras dan kuat.

4. Menahan berat badan

Bagian rangka yang dapat menahan berat badan adalah tulang belakanq, tulang duduk, dan tulang kaki. Tulang belakang berbentuk seperti huruf S dan sifatnya lentur. Bentuk tulang belakang yang demikian memungkinkan untuk menahan berat badan dan menyangga kepala. Tulang duduk menyangga berat badan pada saat duduk. Tulang kaki menyangga berat badan pada saat berdiri.
Sekian materi tentang Fungsi Rangka Tubuh bagi Manusia, semoga bermanfaat.

Leave a Reply