Planet Bumi dan Sistem Kehidupan

(Ringkasan Fisika). Bumi adalah salah satu planet penghuni semesta. Menempati posisi ketiga dalam urutan orbit dari Matahari. Untuk sementara, dianggap satu-satunya planet yang mampu menopang sistem kehidupan. Sejauh yang telah diketahui, tidak ada planet lain di alam semesta seperti Bumi. Bumi memiliki suhu yang pas untuk membuat air tetap cair. Kehidupan yang berkembang di Bumi sejak jutaan tahun yang lalu karena cairan ini. Hal lain yang membuat Bumi istimewa adalah terdapatnya atmosfer yang terdiri dari Nitrogen, oksigen, hidrogen, dan unsur lainnya yang terharmonisasi dengan komposisi yang pas. Bayangkan, seandainya kita memiliki awan berupa asam sulfat atau metana, sudah pasti sistem kehidupan tidak akan pernah terjadi.

Bumi juga terdiri dari daratan yang besar. Daratan berupa kerak atau lempengan yang hampir tidak terasa terus bergerak mengapung dalam selubung Bumi (mantel bumi). Mantel adalah bagian bumi yang terdiri dari batuan cair. Para ahli geologi juga menemukan bahwa besarnya tekanan akan meningkat pada daerah yang semakin dekat dengan pusat Bumi. Di pusat bumi terdapat inti Bumi yang memilki suhu dan tekanan ekstrim yang dibutuhkan untuk menjaga inti besi tetap padat dan logam lainnya tetap cair dan mengalir. 
Bagian logam bumi yang cair membantu planet kita untuk menciptakan sesuatu yang disebut efek dinamo. Dinamo menciptakan medan magnet yang besar. Keberadaan medan magnet ini sangat penting untuk melindungi planet kita dari luar angkasa. Wilayah perlindungan magnetik disebut dengan magnetosfer yang berfungsi untuk melindungi kita dari angin matahari dan radiasi lainnya. Fenomena aurora adalah salah satu bukti ketika medan magnet ini sedang berinteraksi dengan semburan partikel angin matahari.
 Jadi, Bumi kita tersusun atas beberapa bagian, yang dibagi-bagi menjadi:
  1. Kerak bumi
  2. Selubung bumi (mantel bumi)
  3. Inti Bumi 
Masing-masing bagian tersebut memilki karakteristik yang berbeda-beda. Tapi, semuanya untuk satu tujuan yakni menopang Bumi sebagai planet yang memiliki Sistem kehidupan. Insyaallah, bagian-bagian bumi itu akan kita uraikan satu per satu pada tulisan terpisah.

Leave a Reply